♥ Selamat Menyambut Ramadhan
(Syaikh DR. Sa'ad Al-Khotslaan hafizohullaoh)
Oleh: أُسْتَاذُ Firanda Andirja, Lc. MA -حفظه الله تعالى
Beliau berkata :
التهنئة بشهر رمضان أو بغيره تدخل في أبواب العادات، والأصل في العادات
الحل والإباحة إلا ما ورد الدليل بمنعه، ولا أعلم ما يمنع من جواز التهنئة
بشهر رمضان، وتهنئة المسلم بحصول ما يسره أمر مشروع كما جاء في الصحيحن عن
كعب بن مالك في قصة الثلاثة الذين خلفوا أنه لما نزل القرآن بتوبة الله عليهم جعل الصحابة يهنئونه ،
Memberi selamat menyambut datangnya bulan ramadhan atau yang lainnya
termasuk dalam perkara-perkara adat-istiadat/tradisi. Dan hukum asal
dalam perkara adat-istiadat adalah halal kecuali perkara yang dilarang
oleh dalil. Dan aku tidak mengetahui dalil yang melarang bolehnya
memberi selamat akan datangnya ramadhan.
Dan menyampaikan
selamat kepada seorang muslim atas sesuatu perkara yang
menggembirakannya merupakan perkara yang disyariatkan, sebagaimana
datang dalam shahihain (shahih al-Bukhari dan shahih Muslim) dari Ka'ab
bin Malik tentang kisah tiga sahabat yang tidak ikut perang Tabuk. Yaitu
tatkala turun ayat Al-Quran bahwa Allah menerima taubat mereka bertiga
maka para sahabat pun memberi ucapan selamat kepada Ka'ab bin Malik.
ولا شك أن دخول شهر رمضان مما يسر المسلم ويغتبط به ، وكيف لايسر المسلم
بنعمة الله عليه أن بلغه شهرالخيرات والبركات ورفعة الدرجات ،
Dan
tidak diragukan bahwa masuknya bulan Ramadhan merupakan perkara yang
menggembirakan seorang muslim dan ia dicemburui karenanya. Bagaimana
seorang muslim tidak gembira dengan anugerah Allah yang berikan
kepadanya dengan menjadikannya bertemu dengan bulan kebaikan dan
keberkahan serta ditinggikannya derajat?
وأسوق هنا فتوى للشيخ
العلامة عبد الرحمن السعدي رحمه الله وقد سئل عن هذه المسألة فقال :- (هذه
المسائل وما أشبهها مبنية على أصل عظيم نافع، وهو أن الأصل في جميع العادات
القولية والفعلية الإباحة والجواز، فلا يحرم منها ولا يكره إلا ما نهى عنه
الشارع، أو تضمن مفسدة شرعية، وهذا الأصل الكبير قد دل عليه الكتاب والسنة
في مواضع وذكره شيخ الإسلام ابن تيمية وغيره ،
Dan aku bawakan
di sini fatwa syaikh Al-'Allaamah Abdurrahman As-Sa'diy rahimahullah,
tatkala beliau ditanya tentang permasalahan ini maka beliau berkata :
"Permasalahan-permasalahan seperti ini dan yang semisalnya dibangun di
atas suatu kaidah yang agung dan bermanfaat, yaitu bahwasanya hukum asal
dalam seluruh perkara-perkara adat/tradisi baik berupa perkataan maupun
perbuatan adalah mubah dan bolehnya. Maka tidak yang diharamkan atau
dimakruhkan kecuali perkara yang dilarang oleh syar'at, atau mengandung
suatu mafsadah syar'iyyah. Qaidah besar akan hukum asal ini telah
ditunjukkan oleh Al-Qur'an dan hadits-haidts Nabi dalam beberapa tempat,
dan juga telah disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan ulama
yang lainnya.
فهذه الصور المسؤول عنها وما أشبهها من هذا القبيل،
فإن الناس لم يقصدوا التعبد بها، وإنما هي عوائد وخطابات وجوابات جرت
بينهم في مناسبات لا محذور فيها، بل فيها مصلحة دعاء المؤمنين بعضهم لبعض
بدعاء مناسب، وتآلف القلوب كما هو مشاهد
Permasalahan yang
ditanyakan ini dan juga yang semisalnya termasuk dalam bentuk ini (hukum
asal dalam tradisi adalah mubah/boleh), karena masyarakat tidak
memaksudkan untuk beribadah tatkala memberi ucapan selamat. Akan terapi
ini hanyalah adat istiadat/ tradisi dan kebiasaan, surat-suratan dan
jawaban surat-surat tersebut (sms-sms, email, dll-pen) yang sering
mereka lakukan diantara mereka dalam acara-acara dan momen-momen
tertentu yang tidak ada perkara haram padanya.
Bahkan pada
perbuatan ini ada kemaslahatan berupa bentuk saling mendoakan dengan doa
yang cocok/sesuai, serta semakin timbul kedekatan hati diantara mereka,
sebagaimana yang telah disaksikan buktinya.
أما الإجابة في هذه
الأمور لمن ابتدأ بشيء من ذلك، فالذي نرى أنه يجب عليه أن يجيبه بالجواب
المناسب مثل الأجوبة بينهم، لأنها من العدل، ولأن ترك الإجابة يوغر الصدور
ويشوش الخواطر.
Adapun hukum menjawab ucapan-ucapan selamat
tersebut kepada orang yang memulai/mendahului memberi selamat maka
menurut kami adalah wajib baginya untuk menjawabnya dengan jawaban yang
sesuai seperti jawaban-jawaban yang sesuai diantara mereka. Karena ini
termasuk keadilan, dan tidak memberi jawaban akan mengusik hati dan
menggelisahkan dada.
ثم اعلم أن هاهنا قاعدة حسنة، وهي: أن
العادات والمباحات قد يقترن بها من المصالح والمنافع ما يلحقها بالأمور
المحبوبة لله، بحسب ما ينتج عنها وما تثمره، كما أنه قد يقترن ببعض العادات
من المفاسد والمضار ما يلحقها بالأمور الممنوعة، وأمثلة هذه القاعدة كثيرة
جداً " أ.هـ.
Kemudian untuk diketahui bahwasanya ada sebuah
kaidah yang indah, yaitu bahwasanya perkara-perkara adat istiadat dan
juga perkara-perkara yang mubah terkadang disertai dengan
kemaslahatan-kemaslahatan dan manfaat-manfaat yang menjadikan perkara
adat tersebut termasuk perkara-perkara yang dicintai oleh Allah, sesuai
berdasarkan buah dari perkara adat istiadat tersebut. Sebagaimana pula
terkadang perkara adat istiadat tersebut disertai dengan mafsadah dan
kemudorotan yang menjadikan perkara adat istiadat tersebut akhirnya
terlarang. Dan contoh-contoh kaidah sangatlah banyak"
♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥
Tidak ada komentar:
Posting Komentar