Rabu, 31 Juli 2013

WAHAI PECINTA KEBAJIKAN DATANGLAH


WAHAI PECINTA KEBAJIKAN DATANGLAH
 Ditulis oleh : أُسْتَاذُ Rochmad Supriyadi, Lc حفظه الله تعالى

Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzy dan Ibnu Majah, dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu'anhu berkata, bersabda Nabi shalallahu'alaihi wa sallam, "Bila datang malam pertama di bulan Ramadhon, maka dibelenggulah para syaiton dan jin yang durhaka, ditutuplah pintu neraka, hingga satu pun tak terbuka, dan dibuka pintu-pintu surga, maka tidak tertutup satu pintupun. Dan menyerulah suatu makhluk dengan seruan "Wahai pecinta kebajikan, berlombalah! Wahai pelaku keburukan, berhenti lah! Dan sesungguhnya Allah Ta'ala telah menyiapkan hamba-hamba yang dibebaskan dari sentuhan neraka!" Dan yang demikian setiap malam. HR Tirmidzy dan Ibnu Majah.
Dan ditegaskan dalam riwayat Imam Ahmad dalam Musnadnya, bahwa makhluk yang menyeru tersebut adalah Malaikat dari malaikat-malaikat Allah Ta'ala, dan hal itu dilakukan setiap malam di bulan Ramadhon setiap harinya hingga usai Ramadhon. Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Dan malaikat menyeru, 'Wahai pelaku kebajikan, bersegeralah! Wahai pelaku keburukan, berhentilah!'. Hal ini hingga romadhon selesai". (HR Ahmad).
Sekiranya orang-orang yang beriman tidak mendengar seruan malaikat tersebut, akan tetapi hendaknya seruan tersebut dirasakan nyata secara yakin, karena yang memberikan kabar adalah makhluk yang jujur yang wajib dibenarkan yang tidak bicara melalui hawa, akan tetapi wahyu yang diwahyukan. Maka hendaknya seorang muslim bisa merasakan di malam-malam ramadhon yang penuh barokah dengan seruan malaikat yang muliya ini. Dan hendaknya mampu merealisasikan di dalam kehidupan kesehariannya, dalam akhlak dan seluruhnya. Hendaknya membandingkan dirinya di jalan manakah ia menempuhnya?
Keduanya adalah seruan, dan keduanya dimaksudkan untuk kelompok manusia tertentu. "Wahai pelaku kebajikan.... Wahai pelaku keburukan.....".

»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶

Tidak ada komentar:

Posting Komentar