Rabu, 24 Juli 2013

Ketahuilah, Umurmu Tdk Lebih Dari 3 Tahun!

Ketahuilah, Umurmu Tdk Lebih Dari 3 Tahun!

Bismillah, Ketahuilah ya ikhwah..umur kita hakekatnya tdk lebih dr 3 thn. Mari kita buktikan: Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam brsabda: "Umur2 umatku antara 60 hingga 70, dan sedikit dari mrk yg melebihi itu." (HR. At-Tirmidzi dr sahabat Abu Hurairah)
Dr hadits di atas, kita akan coba menghitung brp thn kah umur kita yg hakiki. Kita akan ambil patokan angka 63 thn, krn manusia termulia di bumi ini Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam wafat dlm umur 63 thn.
Toyyib kita hitung..
↠ Jika umur kita 63thn, mk brp thn yg kita gunakan wkt kita itu utk TIDUR?? Mk ma'ruf di dunia bhwa kita perlu tidur selama 8 jam/hr, dan ini pula yg disarankan oleh docter2 dan ahlinya. Jadi jika setiap hr kita tidur 8jam seumur hidup, maka habislah umur kita yg kita gunakan HANYA utk tidur selama 21 thn. Apkah antum jg menghitung??
↠ Toyyib, kemudian brp thn umur yg kita habiskan utk BEKERJA mencari nafkah?? Mk ma'ruf jg di dunia international bhwa kantor2 dan perusahaan itu buka/beroperasi selama 8jam/hr. Jd jika kita bekerja 8jam/hr seumur hidup mk 21 thn lg umur kita telah kita habiskan HANYA utk bekerja. Skr kita sudah menghabiskan 21+21=42 thn umur kita hnya utk tidur dan bekerja. Jadi umur kita skr yg tersisa adlah 63-42=21 thn. Msh menghitung??
↠ Kemudian, kita ketahui bersama bhwa tidaklah seseorg dikenakan/diwajibkan hukum syariat kpdnya kecuali ia telah menginjak umur BALIGH. Dan kita ketahui jg umur kanak2 itu hnya kita habiskan utk bermain-main saja, tanpa beban syariat, tanpa hisab. Dan brp thn kah umur yg kita habiskan dimasa kanak2 tsb?? Laki2 rata2 atau dikatakan baligh jika ia menginjak umur 15thn, sedangkan wanita rata2 baligh di umur 9/10 thn. Jd kita akan ambil pertengahan/rata2 umur seseorg baligh adlah di umur 13thn. Jadi sisa umur yg 21 thn td, akan kita kurangi dgn masa kanak2 selama 13thn, hasilnya adlah 8thn. TERKEJUT?? Ya itulah sisa umur kita, 8thn saja.
-͡ .͡▹ ↠ Lanjut..jk utk skali sholat brjamaah di masjid kita menghabiskan wktu kurang lebih 10 menit, mk utk sholat fardhu 5x sehari kita akan menghabiskan wkt sekitar 50 menit (toyyib kita bulatkan mnjadi 1 jam). Jd jika kita sholat berjamaah 5x sehari berjamaah di masjid seumur hidup, mk umur yg kita habiskan dlm ketaatan ini adlah 2thn,7bln,15hr -ini jk kita sholat brjamaah di masjid 5x shari,jk tdk sholat keif..?-
Laailaahaillallah..Inilah rata2 umur kita yg hakiki. Sedangkan sisa umur lainnya kita habiskan brsama keluarga,utk mkn,minum,olahraga,belanja,dll (yg blm tntu semua kita habiskan dlm ketaatan kpd Allah Rabbul 'alamin).
Na'am,umur antum yg hakiki hnya 2thn,7bln,15hr (bhkan tdk lebih dr 3 thn). Dan btapa Maha Luhur Allah subhaanahu wa ta'ala,Maha Pengasih dan Penyayang,Dan Maha Pemurah dgn RahmatNya,jk dgn semua kelalaian & ketidak-bersyukuran kita itu,tp kemudian kita diampuni olehNya dan dimasukkan ke dlm surgaNya.
Mshkah kemudian kita akan lalai? Atau akan brasalan nanti di hadapan Allah "seandainya umurku dipanjangkan,niscaya aku akan taat kpdMu",sdangkan kita telah diberi udzur sampai 60thn?! Sabda Rasulullah: "Allah telah menyampaikan puncak dlm pemberian udzur/alasan kpd seorang yg diakhirkan ajalnya hingga mncapai umur 60 thn." (HR.Al-Bukhari)
Hitunglah brp umurmu skr! Krn tdk ada udzur&harapan lg jk engkau msh dlm kemaksiatan di umurmu yg menjelang 60thn, sedang engkau tdk jg bertaubat. Jgn engkau prnah melihat ukuran kecilnya maksiat, tp lihatlah kpd siapa engkau brmaksiat!
Renungan: "Sebaik-baik manusia adlah yg panjang umurnya&baik amalannya. Dan se-jelek2 manusia adlah org yg panjang umurnya&jelek amalannya." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim dari Abu Bakrah -lihat Shahih Al-Jami'-)
Ya Robb..panjangkanlah umur kami dlm ketaatan kpdMu,dan ampunilah kami yg senantiasa lalai hingga durhaka kpd nikmat2Mu
-Abu Zuher Elshiraz-

✽̈♡♡♡✽̈♡♡♡✽̈♡♡♡✽̈♡♡♡✽̈♡♡♡✽̈♡♡♡✽̈

Tidak ada komentar:

Posting Komentar