Selasa, 23 Juli 2013

K.A.P.A.N.K.A.H....??

K.A.P.A.N.K.A.H....??
Oleh: أُسْتَاذُ Firanda Andirja, Lc. MA -حفظه الله تعالى

Abu Bakar al-Aajurri rahimahullah dlm kitabnya أخلاق حملة القرآن berkata tentang sifat penghafal al-Quran ;
" ليس همته متى أختم السورة ، همته متى أستغني بالله .. متى أكون من المتقين .. متى أكون من المحسنين .. متى أكون من المتوكلين .. متى أكون من الخاشعين .. متى أكون من الصابرين .. متى أكون من الصادقين .. متى أكون من الخائفين .. متى أكون من الراجين .. متى أزهد في الدنيا .. متى أرغب في الآخرة .. متى أتوب من الذنوب
"BUKANlah TARGETnya adlh KAPAN aku SELESAI membaca surat al-Quran, akan TETAPI targetnya :
» KAPANkah aku hanya MENCUKUPKAN DIRIku dengan اللّه سبحانه وتعالى ...?
• Kapan aku menjadi orang bertakwa... ?
• Kapan aku termasuk orang yg baik..?
• Kapan aku termasuk orang-orang yg bertawakkal, ...termasuk orang yg khusyu'...?
• Kapan aku termasuk orang yang sabar...yang benar imannya...orang yg takut kpd Allah...orang yg berharap kpd Allah...?
• Kapan aku zuhud kepada dunia...selalu mengharapkan akhirat...? Kapan aku bertaubat dari dosa-dosaku..?
متى أعرف النعم المتواترة .. متى أشكره عليها .. متى أعقل عن الله الخطاب .. متى أفقه ما أتلو .. متى أغلب نفسي على ما تهوى .. متى أجاهد في الله حق الجهاد .. متى أحفظ لساني .. متى أغض طرفي .. متى أحفظ فرجي .. متى أحاسب نفسي .. متى أتزود ليوم معادي .. متى أكون عن الله راضيا .. متى أكون بالله واثقا ..
» KAPANkah aku MENGENAL karunia Allah kpdku yg begitu banyak...?
• Kapan aku mensyukurinya...?,
• Kapankah aku memahami penyampaian Allah...?
• Kapankah aku memahami tilawah yg aku baca...?,
• Kapan aku bisa mengalahkan hawa nafsuku...?,
• Kapankah aku berjihad di jalan Allah dgn jihad yg sesungguhnya ?
• Kapankah aku bisa menjaga lisanku ?
• Kapankah aku bisa menundukkan lirikan mataku ?
• Kapankah aku menjaga kemaluanku ?
» KAPANkah aku berMUHASABAH terhadap DIRIku...?
• Kapankah aku berbekal utk hari aku dikembalikan (akhirat) ?,
• Kapankah aku ridho kpd Allah?
• Kapankah aku percaya penuh kpd Allah?
متى أكون بزجر القرآن متعظا .. متى أكون بذكره عن ذكر غيره مشتغلا .. متى أحب ما أحب .. ومتى أبغض ما أبغض .. متى أنصح لله .. متى أخلص له عملي ..
» KAPANkah aku terSADARkan dengan PERINGATAN-peringatan Al-QUR'AN...?,
• Kapankah aku tersibukan dengan mengingat Allah sampai lupa dari selainNya...?
• Kapankah aku mencintai apa yang dicintaiNya....membenci apa yang dibenciNya...?
• Kapan aku menasehati karena Allah...?, kapankah aku mengikhlaskan amalanku...?
متى أُقصِّر أملي .. متى أتأهب ليوم موتي وقد غُيِّب عني أجلي .. متى أعمر قبري .. متى أفكر في الموت وشدته .. متى أفكر في خلوتي مع ربي .. متى أفكر في المنقلب .. متى أحذر مما حذرني منه ربي "
» KAPANkah aku meMENDEKkan ANGAN-anganku (yang terlalu tinggi melebihi usiaku-pen)...?
• Kapankah aku bersiap-siap untuk hari kematianku...padahal aku tidak tahu kapan ajalku tiba...?
• Kapankah aku menempati kuburanku...?
• Kapankah aku mau merenungkan tentang kematian dan beratnya sakaratul maut...?
• Kapankah aku merenungkan pertemuan dengan Robku...?
• Kapankah aku renungkan tempat kembaliku...?,
• Kapankah aku waspada dengan apa-apa yang telah diperingatkan oleh Robku...?


*•☆°• •°☆•**•☆°• •°☆•**•☆*•☆°• •°☆•

Tidak ada komentar:

Posting Komentar