Senin, 01 Juli 2013

♥ "JALAN-JALAN KESELAMATAN" ♥

♥ "JALAN-JALAN KESELAMATAN" ♥
Ditulis oleh: أُسْتَاذُ Ahmad Ferry Nasution/Abu Urwah -- حفظه الله تعالى



Saudara-saudaraku yang kami cintai karena ALLAH, berikut ini kita akan mengambil manfaat/pelajaran yg sgt berharga dari sebuah hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang menjelaskan kepada kita tentang jalan-jalan keselamatan dunia&akhirat kita....

Haditsnya:
Dari 'Uqbah bin 'Amir dia berkata: aku bertanya kepada Rasulullah, apakah yang menyebabkan keselamatan itu?
Beliau menjawab:

- Tahanlah Lisanmu
- Tinggal dirumahmu
- Tangisilah kesalahanmu (dosamu).

Hadits Hasan Lighairihi diriwayatkan oleh imam tirmidzi no 2406

Penjelasan hadits diatas ialah:
Bahwa diantara sebab manusia ingin mendapatkan Keselamatan dunia & akhirat:

1. Tahanlah Lisanmu = yaitu kita diperintah utk menjaga & memelihara lisan ini dari mengucapkan sesuatu yg tercela/ yg tidak baik apakah itu menceritakan aib saudaranya, ngadu domba, menyakiti saudaranya dll &kita diperintah untuk menggunakan lisan kita utk perkara-perkara yg diRidhoi ALLAH سبحانه وتعالى apakah utk berdzikir, berkata yg baik dll.

2. Tinggal dirumahmu= artinya tetaplah engkau tinggal dirumahmu dan sibukkanlah dirimu dengan mentaati, beribadah kepada ALLAH. Serta tinggalkanlah keinginan-keinginan/ segala sesuatu yg tidak baik yg menyebabkan dirimu keluar rumah yang akhirnya menjerumuskan dirimu kepada perbuatan dosa dan ma'siyat, KECUALI engkau keluar rumah utk mengerjakan perkara-perkara yg baik yang dibenarkan oleh syariat Rabbul 'Aalamiin/yg tdk dilarang oleh agama, apakah mencari nafkah utk keluarga, menuntut ilmu dll.

3. Tangisilah kesalahan (dosamu)= yakni ingatlah kesalahan & dosa-dosamu yang pernah engkau kerjakan pada masa lalu dan selalu engkau ingat adzab/ siksa yang sgt pedih baik didunia & akhirat akibat perbuatan dosa& ma'siyat itu, yg demikian dpt membantumu utk ttp berada dijalan ketaatan &juga dpt menghalangimu utk kembali melakukan perberbuatan dosa.

Semoga ALLAH سبحانه وتعالى memberikan kemudahan kpd kita untuk mengamalkannya.

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥◦

Tidak ada komentar:

Posting Komentar