Minggu, 11 Agustus 2013

Selesai Ramadhan bukan selesai puasa ( ibadah )

Selesai Ramadhan bukan selesai puasa ( ibadah )
Ditulis oleh : أُسْتَاذُ Fuad Hamzah Baraba', Lc - حفظه الله تعالى
Wahai saudaraku ramadhan yang penuh berkah telah berlalu meninggalkan kita, indahnya ibadah masih terasa hangat, namun betapa banyak orang yang telah melupakannya, Seakan-akan mereka tak mengalaminya.
Di bulan mulia kita giat beribadah, namun setelahnya kita bermalas-malasan. Padahal ibadah tidaklah mengenal waktu. Bukan berarti dengan selesainya ramadhan berarti selesai pula seluruh ibadah kita yang di bulan ramadhan dilakukan dengan semangatnya.
Masih ada shalat lima waktu, masih ada ibadah-ibadah sunnah lainnya, puasa syawal telah menanti kita, pahala besar siap tuk kita raih. Nabi Shallahu 'alaihi wasallam bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّال كانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
"Barang siapa yang berpuasa di bulan ramadhan, kemudian dia ikuti dengan puasa enam hari di bulan syawal, maka seperti puasa sepanjang masah. (HR. Muslim, Ahmad).
Demikian dengan ibadah-ibadah lainnya yang kita rajin melakukannya selama ramadhan hendaknya bisa kita jaga, terlebih bisa kita tingkatkan.
Mu'alla bin Fadl mengatakan, “Dahulu, selama enam bulan sebelum datangnya bulan Ramadan, para Salaf berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka ketika di bulan Ramadan.”
Mudah-mudahan ibadah kita selama bulan ramadhan diterima oleh Allah Ta'ala.
آمين يَا رَبَّ العَـــالَمِيْنَ

⌣̊┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈⌣̊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar