Senin, 26 Agustus 2013

DERAJAT HADITS TENTANG DO'A MOHON TERBEBAS DARI HUTANG


♧ DERAJAT HADITS TENTANG DO'A MOHON TERBEBAS DARI HUTANG ♧



Tanya: السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 'afwan mengganggu waktu antum ustadz, ini ada pertanyaan member al ilmu mengenai hadits, dan mohon pendapat antum. بارك الله فيكم
Pertanyaan: Apakah hadits berikut shahih mengenai do'a dimudahkan hutang ?
Dari Abu Wail berkata: “Ada seorang (budak) laki-laki datang kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu dan berkata, “Wahai amirul mukminin, saya tidak mampu melunasi uang syarat pembebasan saya, maka bantulah saya!”
Mendengar hal itu, Ali bin Abi Thalib berkata, “Maukah engkau apabila aku ajarkan kepadamu beberapa patah kata yang telah diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam kepadaku. Dengan beberapa patah kata itu, seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung Shir niscaya Allah akan membayarkan hutangmu. Bacalah: اللهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ
“Ya Allah, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari rizki yang haram dan perkayalah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak meminta kepada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563, Ahmad no. 1319 dan Al-Hakim no. 1973).


∙̣̇∙̣̇∙̣̇∙̣̣̣̇̇̇∙̣̣̇̇∙̣̇∙ ✽Jawaban oleh : أُسْتَاذُ Muhammad Wasitho وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ Bismillah. Derajat hadits tsb HASAN sbgmn dinyatakan oleh syaikh Al-Albani rahimahullah di dlm kitab Shohih At-Tirmidzi no.3563.
Dan ada sebagian ulama hadits lain yg menilainya DHO'IF.
Akan tetapi, yg nampak rojih adalah penilaian syaikh Al-Albani rahimahullah, bahwa hadits tsb derajatnya HASAN. Sehingga dengan demikian, do'a tsb boleh dibaca oleh setiap muslim n muslimah.
Demikian jawaban yg dapat kami sampaikan. Smg mudah dipahami n menjadi ilmu yg bermanfaat. Wallahu a'lam bish-showab. Wabillahi at-Taufiq. (Klaten, 24 Agustus 2013).



♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧

Tidak ada komentar:

Posting Komentar