Selasa, 27 Agustus 2013

BEBERAPA DOSA YANG TERKENA ADZAB KUBUR

"BEBERAPA DOSA YANG TERKENA ADZAB KUBUR"




Ikhwan dan akhwat sekalian yang berada diatas hidayah dan rahmat ALLAH subhaanahu wa ta'ala.
Pada pagi ini saya akan membawa beberapa dosa dan ma'siyat yang menjadi sebab seseorang diazab dalam kuburnya, dan hadits ini juga sebagai hujjah bagi orang-orang yang mendustai tentang azab kubur.
Kami jelaskan seperti ini agar senantiasa kita menjauhkan perbuatan tersebut dan kita senantiasa istighfar dan bertaubat atas setiap perbuatan dosa dan ma'siyat yang kita lakukan.
Dianatara perbuatan dosa dan ma'siyat yang terkena azab kubur, ialah:
1.Adapun orang pertama yang engkau datangi, ia dipecah kepalanya dengan batu, maka sesungguhnya itulah orang yang mengambil al-Quran lalu menyisihkannya (meremehkan) yakni menolak nya sesudah mengerti isi dan maknanya-, juga itulah orang yang tidur -yakni lalai-dari melakukan shalat-shalat yang diwajibkan.
2. Orang yang engkau datangi, ia sedang dipotong-potong ujung mulutnya sampai ke tengkuknya dan dari lobang hidung sampai ketengkuknya dan juga dari matanya sampai ketengkuknya itu ialah orang-orang yang pergi dari rumahnya lalu membuat kata-kata dusta dengan kedustaan yang sampai mencapai ke segala penjuru.
3. Adapun orang-orang lelaki dan perempuan yang berada di dalam tempat semacam tungku besar itu adalah para pezina lelaki dan wanita.
4.Adapun orang lelaki yang Engkau datangi sedang berenang dalam sungai dan dilempari batu di mulutnya itu ialah pemakan riba.
5.Adapun orang yang sebagian mukanya bagus dan sebagian lagi buruk, maka mereka itu ialah orang-orang yang mencampur-adukkan antara amal perbuatanyang shalih sedang yang lainnya jelek, tetapi Allah telah memberikan pengampunan kepada mereka itu.” ( Ringkasan hadits bukhary 1386, hadits ini sangat panjang).
Semoga memberikan manfaat untuk kita.
Semoga memberikan manfaat untuk kita semua.

Ditulis oleh: أُسْتَاذُ Ahmad Ferry Nasution/Abu Urwah - حفظه الله تعالى (Mahad Ummahatul Mu'minin-Tangerang)


┈┈»̶·̵̭̌✽✽✽♡♡♡✽✽✽·̵̭̌«̶┈┈

Tidak ada komentar:

Posting Komentar