Rabu, 21 Agustus 2013

Cara Untuk Meningkatkan Iman

Cara Untuk Meningkatkan Iman

Pertanyaan: Iman kan kadang naik turun, bagaimana pas mengatasi iman yang turun itu ?

Jawaban oleh : أُسْتَاذُ Kholid Syamhudi, Lc - حفظه الله تعالى

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan iman.
Pertama, merenungkan penciptaan alam semesta dan seluruh isinya.
Syeikh Abdurrahman as-Sa’di rahimahullah menyatakan, “Di antara sebab dan faktor pendorong keimanan adalah tafakur kepada alam semesta berupa penciptaan langit dan bumi serta makhluk-makhuk penghuninya dan meneliti diri manusia itu sendiri beserta sifat-sifat yang dimiliki. Ini semua adalah faktor pendorong yang kuat untuk meningkatkan iman” (Ibid halaman 31).
Seperti mengamati bagaimana matahari terbit dan tenggelam setiap hari selama puluhan juta tahun tanpa berhenti, dll.
Kedua, Berusaha sungguh-sungguh melaksanakan amalan shalih dengan ikhlas, memperbanyak dan mensinambungkannya.
Hal ini karena semua amalan syariat yang dilaksanakan dengan ikhlas akan menambah iman. Karena iman bertambah dengan pertambahan amalan ketaatan dan banyaknya ibadah.
Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah pernah menuturkan, “Di antara sebab pertambahan iman adalah melakukan ketaatan. Sebab iman akan bertambah sesuai dengan bagusnya pelaksanaan, jenis dan banyaknya amalan. Semakin baik amalan, semakin besar penambahan iman dan bagusnya pelasanaan ada dengan sebab ikhlas dan mutaba’ah (mencontohi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam).
Sedangkan jenis amalan, maka yang wajib lebih utama dari yang sunnah dan sebagian amal ketaatan lebih ditekankan dan utama dari yang lainnya. Semakin utama ketaatan tersebut maka semakin besar juga penambahan imannya.
Adapun banyak (kwantitas) amalan, maka akan menambah keimanan, sebab amalan termasuk bagian iman. Sehingga pasti iman bertambah dengan bertambahnya amalan.” (Fathu rabbi al-Bariyah hlm 65)

والله أعلم بالصواب
 

Sumber:
http://muslim.or.id/aqidah/sebab-bertambah-dan-berkurangnya-iman.html
♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧

Tidak ada komentar:

Posting Komentar