Minggu, 01 September 2013

Syarah ashlussunnah wa'tiqadud diin (bagian 5)


Biography
Syarah ashlussunnah wa'tiqadud diin.
Oleh : أُسْتَاذُ Abu Yahya Badrusalam, Lc - حفظه الله تعالى
Bagian 5

Berkata imam Abu Muhamad Abdurrahman bin Abi Hatim: "Aku bertanya kepada ayahku (Abu Hatim) & Abu Zur'ah tentang keyakinan ahlussunnah dalam pokok-pokok agama & keyakinan para ulama yg mereka temui di seluruh negeri?
Syarah:
Siapakah Abu Zur'ah Ar Razi? Beliau adalah imam hafidz hujjah syaikh para qari & ahli hadits di Khurrasaan, beliau bernama Ubaidullah bin AbdilKariim bin Yazid bin Farrukh bin Daud Ar Razi. Beliau dilahirkan pada tahun 194H. Diantara guru beliau adalah Imam Ahmad bin Hanbal & Abu Hatim Ar Razi.
Pujian para ulama. Imam Ahmad berkata: "Tidak ada yg menyeberangi jembatan Baghdad yg lebih hafidz dari Abu Zur'ah". Abu Hatim berkata: "Abu Zur'ah menyampaikan hadits kepadaku, & tidak ada orang setelahnya yg sebanding dg dia dalam ilmu, kefaqihan, pemahaman & kejujuran, & aku tidak mengetahui di timur tidak juga di barat ada orang yg memahami ilmu ini seperti dia". Ishaq bin Rahawaih berkata: "Semua hadits yg tidak. diketahui oleh Abu Zur'ah maka bukan hadits". Adz Dzahabi berkata: "Beliau termasuk ulama langka yg tiada tanding dalam hafalan, kecerdikan, agama, keikhlasan, ilmu & amal". & beliau mempunyai keistimewaan yg banyak.
Beliau wafat pada hari senin bulan dzulhijjah tahun 264H. Semoga Allah merahmatinya & merahmati para ulama islam semuanya..


♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡

Tidak ada komentar:

Posting Komentar