Kamis, 26 September 2013

WAJIBNYA SEORANG MUSLIM UNTUK MENCARI NAFKAH, DAN JANGAN PERNAH MENJADI BEBAN BAGI ORANG LAIN

#WAJIBNYA SEORANG MUSLIM UNTUK MENCARI NAFKAH, DAN JANGAN PERNAH MENJADI BEBAN BAGI ORANG LAIN#


Ikhwani....
ALLAH dan Rasul-Nya memerintahkan & menganjurkan kpd kaum muslimin seluruhnya utk bekerja mencari nafkah, untuk keperluan pribadinya, orang tuanya, anak & istrinya apabila dia telah berkeluarga.
Artinya bekerja utk mencari rezeki yang halal. Dan sesungguhnya kita mengetahui dgn jelas dari petunjuk Nabi صلى الله عليه وسلم bahwa para Nabi & Rasul seluruhnya mereka mencari nafkah, mereka bekerja keras & berusaha utk menghidupi diri serta keluarganya & ini merupakan bentuk kemuliaan, karena mereka para Nabi & Rasul sangat menyukai makan dari jerih payah sendiri, hasil keringat sendiri & yg demikian adalah lebih terhormat dan nikmat.
Perhatikan pelajaran diatas, yg kita mengetahui mereka adalah orang yg mulia tetapi tetap mereka mencari nafkah utknya & keluarganya.
Sedangkan mengadahkan tangan, meminta-minta kpd orang lain serta makan dari hasil jerih payah orang lain merupakan suatu kehinaan pada dirinya & menghilangkan kehormatan padanya & termasuk perbuatan tercela. Oleh sebab itu islam agama yang mulia ini sgt menganjurkan akan kita berusaha & bekerja serta berharap kepada ALLAH, karena ALLAH lah yg memberikan rezeki kepada seluruh makhluk.
Akhir pembahasan ini saya akan membawakan hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang menunjukkan tanda-tanda kemuliaan seorang mukmin.
Malaikat Jibril pernah datang kpd Nabi yg mulia صلى الله عليه وسلم ; Ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mukmin yaitu pada Shalatnya diwaktu malam dan TIDAK PERNAH MENGHARAPKAN sesuatu kepada orang ( silsilah shohihah: 831)
Dan harus diketahui; Biasanya orang yg selalu berharap dgn apa yang ada pada tangan manusia biasanya mereka akan mengalami KEKECEWAAN!
Sebaliknya! apabila mereka putus asa atas apa yg ada pada tangan manusia, niscaya mereka akan menjadi yg paling kaya & bahagia.
Semoga memberikan manfaat & pelajaran yg berharga bagi orang yg mau mengambil pelajaran.



Ditulis oleh: أُسْتَاذُ Ahmad Ferry Nasution/Abu Urwah - حفظه الله تعالى
(Mahad Ummahatul Mu'minin-Tangerang)

♧°˚˚˚°♧♧°˚˚˚°♧

Tidak ada komentar:

Posting Komentar