Selasa, 17 September 2013

MERENUNG

MERENUNG
Ditulis oleh أُسْتَاذُ Rochmad Supriyadi, Lc -  حفظه الله تعالى






Didalam Al-Qur'an terdapat banyak ayat yang menganjurkan kepada kita agar banyak merenung dan berfikir, yang ini merupakan perkara agung yang banyak memiliki faidah,
Allah berfirman," Demikiyanlah Allah memberikan penjelasan ayat-ayat kepada kaliyan agar kaliyan renungi ". QS Al-Baqoroh 219.
Allah berfirman," Sesungguhnya didalam perkara itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mau berfikir ". QS Ar-Road 3 , QS An-Nahl 11.
Allah berfirman," Apakah mereka tidak merenungi apa yang ada pada diri-diri mereka". QS Ar-Rum 8.
Allah berfirman," Dan permisalan-permisalan itu Kami berikan kepada para manusia agar mereka berfikir ". QS Al-Hasyr 21.
Ayat-ayat yang serupa diatas sangat sangat banyak sekali, dan Allah memberikan pujian muliya kepada para hamba yang mau berfikir dan merenung. " Sesungguhnya didalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang sungguh merupakan tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mau merenungi lagi berakal. Orang-orang yang senantiasa menginggat Allah baik ia berdiri, duduk, dan berbaring, dan merenungi penciptaan langit dan bumi, sungguh tiada dari ciptaan-Mu yang sia-sia, Maha Suci Engkau, dan hindarkan kami dari siksamu api neraka ". QS Ali Imran 191.
Merenung yang Allah anjurkan adalah kunci dari setiap kebajikan, asas dari keberuntungan, sumber dari segala keutamaan, yang merupakan ibadah hati yang muliya, yang memindahkan dari kelalian kepada mengingat, maksiat menuju taat, dari kehinaan menuju kemuliyaan, dan keagungan.
Barang siapa merenungi keagungan Allah, bahwa Ia melihat kepada para hamba, tiada yang luput dari pengawasan-Nya, Maha Mendengar, Maha Melihat, Maha Mengetahui, Maha Mampu atas segala sesuatu, maka merenung yang seperti ini niscaya akan menghalangi dari terjerumus kedalam maksiyat.


♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar