Minggu, 29 September 2013

AMALAN SUNNAH DI BULAN DZUL-HIJJAH


* AMALAN SUNNAH DI BULAN DZUL-HIJJAH. *
Oleh: أُسْتَاذُ  Rochmad Supriyadi, Lc - حفظه الله تعالى






Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda," Sebaik-baik hari d dunia adalah sepuluh hari di bulan dzul-Hijjah ". HR Al-Bazzar dan Ibnu Hibban dan d sahkan Imam Al-Albany.
Bilamana kita mengetahui keutamaan bulan ini, bahwasanya ini adalah suatu kesempatan emas yg Allah berikan kpd kita,maka sepantasnya kita mengisi hari2 ini dg penuh semangat dan mengkhususkan perhatian padanya, dan berlomba didalam kebajikan, sebagaimana pernyataan orang-orang salaf, diantaranya Abu Utsman An-Nahdy bercerita," Dahulu para Salaf, senantiasa mengagunggkan sepuluh hari yg tiga, yg pertama; sepuluh hari akhir Ramadhon, yg kedua; sepuluh hari awal Dzul-Hijjah, yg ketiga; sepuluh hari di awal Muharrom.
Diantara Amal2 salih sbb;
- Menunaikan manasik Haji dan Umroh bagi yg Allah berikan kemampuan. Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda, "Umroh ke umroh berikutnya akan menghapus antara keduanya,dan hajji mabrur tdk ada balasannya kecuali surga". HR Bukhary-Muslim.
- Berpuasa, di mana Allah berfirman dlm hadist Qudsy," Setiap amal anak adam untuknya pribadi, kecuali puasa sesungguhnya ini utk-Ku, dan Aku akan balasi dg nya". HR Bukhari-Muslim.
Dan Nabi صلى الله عليه وسلم telah mengkhususkan puasa di hari Arofah di sepuluh hari tsb, dan bersabda," Puasa hari Arofah aku berharap kpd Allah agar diampuni setahun sebelumnya, dan setahun sesudahnya". HR Muslim.

Diantara amal-amal yg dianjurkan utk memperbanyak d bulan nan suci ini adalah:
- Sholat, dikarenakan sholat merupakan amal yg paling mulia, dan banyak dalil yg menganjurkannya, olih karenanya diwajibkan agar menjaga sholat pada waktunya dg berjamaah, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda, meriwayatkan dari Allah سبحانه وتعالى " Senantiasa seseorang hamba mendekatkan diri dg mengerjakan nafilah(sholat sunnat) hingga aku mencintainya". HR Bukhary.
- Memperbanyak Takbir-Tahmid-Tahlil-Dzikir Diriwayatkan dari Ibnu Umar رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ dari Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda," Tidak ada hari yg lebih muliya di sisi Allah dan tdk ada amal yg paling dicintai Allah dari hari-hari yg sepuluh ini, maka perbanyaklah dari Tahlil,Takbir,Tahmid ". HR Ahmad. Berkata imam Bukhary," Dahulu Ibnu Umar dan Abu Hurairah pergi menuju pasar di hari yg sepuluh dg bertakbir dan manusia ikut bertakbir pula". - Sedekah. Diantara amal salih yg dianjurkan adalah sedekah,dan memperbanyak dihari tsb, Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda," Tidaklah harta berkurang dg bersedekah". HR Muslim.
- Diantara amal-amal yg lain adalah ; Membaca Al-Qur'an dan mempelajari arti2 dan tafsir nya, Memperbanyak istigfar dan berbuat bakti kpd orang tua,Menyambung silaturrohmi, Amar ma'ruf dan Nahi munkar, mendamaikan seseorang yg berselisih, menjaga lisan, bebuat baik kpd tetangga, memuliakan tamu, berinfak di jalan Allah, memberi nafkah keluarga-anak yatim-para janda, menjenguk orang sakit, meringankan beban saudarannya, mendoakan saudara dg kebaikan, longgar dada kpd kaum muslimin, berusaha membuat senang orang lain dan tdk menyusahkannya, menjaalin ta'awun antara kaum muslimin dlm kebajikan dll...

-------๑๑•°♥°•๑๑-------




Tidak ada komentar:

Posting Komentar