Selasa, 15 Oktober 2013

SALING MENGINGATKAN & MENJALIN PERSAUDARAAN KARENA ALLAH


SALING MENGINGATKAN & MENJALIN PERSAUDARAAN KARENA ALLAH
Ditulis oleh : اُسْتَاذْ Rochmad Supriyadi, Lc, حفظه الله تعال


Alhamdulillah, washolatu wassalamu ala Rosulillah, wa ba’du. Sesungguhnya saling nasehat-menasehati dan ingat-mengingatkan satu dengan lain nya, serta merajut persaudaraan diatas naungan Allah adalah ibadah yg paling utama yg menghantarkan kepada ketaatan kepada Allah, yg meliputi saling kerja sama dan ta’awun diatas ketakwaan dan kebajikan, yg senantiasa dipuji dan disanjung Allah atas para pelakunya dan dikabarkan bahwa mereka adalah yg mendapatkan keberuntungan.

Allah berfirman,” Dan bekerjasamalah kaliyan diatas kebajikan dan ketakwaan, dan jangan bekerjasama diatas dosa dan permusuhan”. QS Al-Ma’idah 2.

Allah berfirman,” Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam keadaan merugi. Kecuali orang-orang yg senantiasa beriman dan beramal saleh dan saling menasehati didalam kebenaran dan menasehati dalam kesabaran “. QS Al-Asr 1-3.

Didalam Ayat pertama diperintahkan agar kita saling bekerjasama dalam kebaikan dan ketakwaan, termasuk didalamnya saling menasehati dan mengarahkan dijalan kebajikan, amar makruf nahi munkar, birrul walidain, dan semisalnya yg membawa manfaat kepada para hamba, dan dilarang bekerjasama dalam dosa dan permusuhan, terkandung didalamnya pula segala apa yg mendatangkan kemurkaan Allah, seperti saling membantu dalam mengerjakan kemaksiyatan, kedholiman, maka seorang muslim dilarang saling membantu dalam perbuatan dosa, akan tetapi seyogyanya jangan sampai terlambat dalam berbuat kebajikan dan ketakwaan.

Adapun didalam surat Al-Asr dijelaskan perangai orang-orang yg beruntung dan menggapai keselamatan, mereka adalah orang yg beriman dan beramal saleh serta saling nasehat dalam jalan kebenaran dan kesabaran.

⌣̊┈»̶·̵̭̌✽✽·̵̭̌«̶┈⌣̊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar