Minggu, 24 November 2013

Tanya Jawab Perihal Abu Hurairah

Tanya Jawab Perihal Abu Hurairah
Ditulis oleh: أُسْتَاذُ Muhammad Elvi Syam, Lc MA - حفظه الله تعالى



Soal:
Ciri ciri orang syi'ah adalah membenci sahabat nabi Abu Hurairah, kenapa banyak meriwayatkan hadis, sementara masuk islamnya tahun ke 7 dari hijrahnya nabi? sementara Abu Bakar dan Umar hadisnya sedikit sedangkan mereka adalah para pendahulu masuk islam?

Jawabannya :
1). Abu Hurairah adalah sahabat yang didoakan nabi untuk kuat hafalannya.
2). Abu Hurairah semenjak ke madinah, beliau tinggal bersama nabi di mesjid, karena dia tidak punya keluarga dan rumah, sehingga selalu hadir di majlis-majlis nabi
3). Beliau hidup setelah nabi wafat dengan umur panjang. beliau meninggal dunia pada tahun 58 H. sementara Abu Bakar dan Umar meninggal lebih dahulu.
4). Beliau memiliki waktu yang lapang untuk hadis, sementara Abu Bakar dan Umar sibuk dengan pengurusi umat di pemerintahan. dan tidak banyak menyampaikan hadis.
5). Banyaknya kasus dan pertanyaan, ditambah dengan umur yang panjang , membantunya untuk banyak mengucapkan hadis dari nabi, yang dia dengar, dia lihat dll.

Soal:
Kenapa hadis hasan dan husain sedikit dibandingkan abu Hurairah.

Jawabannya :
rasulullah meninggal dunia, sementara umur mereka berdua masih kecil. jadi tidak memungkinkan ia mendengar hadis yang banyak, berbeda dengan abu hurairah yang masuk islam dalam umur yang sudah dewasa.

wallahu 'alam.
♥♥♡♡♡♥♥♡♡♡♥♥♡♡♡♥♥♡♡♡♥♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar