Senin, 25 November 2013

Bagaimana Pandangan KH. Hasyim Asy’ari Terhadap Syi'ah?

Bagaimana Pandangan KH. Hasyim Asy’ari Terhadap Syi'ah?

Selain fatwa Syaikh Muhammad Hasyim bin Asy'ari Al-Jumbani alias KH Hasyim Asy'ari -rahimahullah- yang mevonis sesat Syi'ah, Syaikh Muhammad Arsyad bin 'Abdullah Al-Banjari -penulis Sabilul Muhtadin, juga mengeluarkan fatwa yang senada.

Dan berikut copas fatwa KH Hasyim Asy'ari:

Fatwa KH. Hasyim Asy’ari rahmatullah ‘alaih, pendiri Nahdhatul ‘Ulama (wafat th. 1947) tentang Syi’ah Râfidhah Beliau berkata,

“Di antara mereka juga ada golongan Rafidhah yang mencaci maki Sayyidina Abu Bakr dan ‘Umar, membenci para Shahabat Nabi dan berlebihan dalam mencintai sayyidina ‘Ali, ~semoga Allah meridhoi mereka semua~.

Berkata Sayyid Muhammad dalam Syarah Qamus, sebagian mereka bahkan sampai pada tingkatan kafir dan zindiq, semoga Allah melindungi kita dan umat Islam dari aliran ini.

Berkata Al-Qadhi ‘Iyadh dalam kitab As-Syifa bi Ta’rif Huquq Al-Musthafa, “Dari Abdillah ibn Mughafal, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Takutlah kepada Allah, takutlah kepada Allah mengenai sahabat-sahabatku. Janganlah kamu menjadikan mereka sebagai sasaran caci-maki sesudah aku tiada. Barangsiapa yang mencintai mereka, maka semata-mata karena mencintaiku. Dan barangsiapa yang membenci mereka, maka berarti semata-mata membenciku. Dan barangsiapa menyakiti mereka berarti telah menyakiti aku, dan barangsiapa menyakiti aku berarti dia telah menyakiti Allah. Dan barangsiapa telah menyakiti Allah dikhawatirkan Allah akan menghukumnya. (HR. Al-Tirmidzi dalam Sunan Al-Tirmidzi Juz V/hal. 696 hadits No. 3762).”

[Risalah Ahli Sunnah wal Jama'ah, hal.9-10 -diadopsi dari Buku Panduan MUI "Mengenal & Mewaspadai Penyimpangan Syi'ah hal. 135-136]

Ditulis oleh: أُسْتَاذُ
  Ustadz Aris Munandar, M.PI
- حفظه الله تعالى

⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴✽̶┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈⌣̊┈̥-̶̯͡.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar