Rabu, 30 April 2014

BERPEGANG TEGUHLAH PADA TALI ALLAH TA'ALA

BERPEGANG TEGUHLAH PADA TALI ALLAH TA'ALA
Oleh: أُسْتَاذُ Abdussalam Busyro Abdul Manan, Lc حفظه الله تعال

Sesungguhnya jalan keselamatan hanyalah satu yaitu jalan اَللّهُ سبحانه وتعالى yang lurus.

Dalam sebuah hadits shahih bahwa suatu ketika Rosulullah صلى الله عليه وسلم menarik garis lurus lalu menarik garis2 ke kanan dan ke kiri dari garis yg lurus itu, kemudian beliau bersabda:

"Inilah (garis lurus) jalan Allah Ta'ala, sementara garis2 ke kanan dan ke kiri itu adalah jalan2 setan, 'Beliau kemudian membaca ayat: Dan bahwa (yg Kami perintahkan) ini adalah jalanKu yg lurus maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan2 (yg lain) karena jalan2 itu mencerai-beraikaN kamu dari jalan-Nya" (HR Ahmad dan Ad-Darimi)

Sebagian ulama mencontohkan dgn pelepah kurma yg menjulur hingga ke tanah. Sekiranya seekor serangga merayap naik melalui batangnya, niscaya ia akan sampai ke atas dan dapat menikmati buah kurma yg diinginkannya, artinya ia telah selamat sampai ke tujuan. Lain ceritanya jika ia naik melalui pelepah daun kurma yg menjulur ke kanan dan ke kiri itu, baru sj ia mencoba merayap naik pasti sudah terjatuh. Batang itulah jalan اَللّهُ سبحانه وتعالى sementara pelepah daun kurma itu adalah jalan2 setan.

Sekarang ini kita berada pada zaman serba asing, sebagaimana dalam sebuah hadits Rosul صلى الله عليه وسلم :

"Dienul islam itu pada mulanya asing dan akan kembali asing sebagaimana pada awalnya, maka Thuubaa (kebahagiaan/surga bernama Thuubaa) bagi para ghuraba'. (HR Muslim)

Ada beberapa riwayat yg menjelskan pengertian Ghuraba' adalah "mereka adalah orang2 yg memelihara agamanya dari fitnah2", setiap kali fitnah datang menimpa harta, diri dan agamanya, ia akan menjauh menyelamatkan diri hingga agamanya tetap terjaga.

Orang2 yg menjaga nilai2 agamanya merekalah yg disebut ghuraba', merekalah yg mendapat doa dari Rosul صلى الله عليه وسلم "Berbahagialah para ghuraba'!"

Seorang muslim hanya selamat dgn memegang teguh nilai2 agamanya, ia harus mendahulukannya daripada yang lain.

29 Jumadats Tsani 1435H / 29 April 2014

✽¸.••.¸✽¸••.¸✽¸••.¸✽¸.••.¸✽

Tidak ada komentar:

Posting Komentar