Senin, 05 Mei 2014

Indahnya duduk bersama Ulama'...

Indahnya duduk bersama Ulama'...

Oleh: Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah, MA -hafizhahullahu ta'ala-

Disebutkan dalam kitab al Mukhtar fi Fara-idil Uquul wal Akhbaar (hal 55)
Telah berkata Abdullah bin Abi Musa Tusturi,

"pernah ada yang berkata kepadaku, "Di mana pun kamu berada, berusahalah untuk berada di dekat orang yang alim".

Maka aku pergi ke Bairut dan di sana aku mendatangi Majlis Imam Awza'i, pada suatu hari tatkala aku berada bersamanya, tiba-tiba ia bertanya tentang aku, maka aku menjelaskan kepadanya tentang diriku. (di mana dahulunya ia adalah orang Majusi lalu memeluk islam).

Kemudian beliau bertanya, "Apakah ayahmu masih hidup?".

"Iya, aku meninggalkannya di Irak dalam kondisi masih beragama majusi", jawabku.

"Bisakah Kamu pulang kepada ayahmu, moga Allah memberinya hidayah lewat kamu". Kata beliau.
"Apakah kamu memandang bahwa hal itu baik?, tanyaku.

"iya, jawab beliau".
Maka aku kembali ke Irak menjumpai ayahku, ternyata aku mendapatinya dalam kondisi sakit. Dia berkata kepadaku, "Wahai ananda, ajaran apa yang kamu ikuti?".

Maka aku terangkan kepadanya, bahwa aku telah masuk islam. Lalu ia berkata, "Jelaskan kepadaku tentang agamamu itu!.

Aku pun menguraikan tentang agama islam dan orang-orang islam, lalu ia berkata, "Aku mempersaksikanmu bahwa aku telah masuk islam".

Subhnalllah, tidak berapa lama setelah itu ia meninggal dunia... dan setelah aku menguburkannya, aku kembali ke Bairut dan di sana aku ceritakan kepada Awza'i tentang apa yang telah terjadi.

Akhi/Ukhti...sudah saatnya kita melihat dengan siapa kita bersahabat dan berkumpul ???.

-------๑๑•°°•๑๑-------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar