Minggu, 31 Mei 2015

BANGKAI HIDUP

BANGKAI HIDUP 🙈
-ustadz syafiq riza basalamah, MA-
.
.
(Ringkasan kajian sabtu, 23 Mei 2015. Kalau ada yang mau ditambahkan boleh ditambahkan 😊😊)
.
Manusia itu bermacam-macam dan kualitas manusia juga berbeda-beda. .
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya manusia seperti unta sebanyak seratus, hampir-hampir tidaklah engkau dapatkan diantara unta-unta tersebut, seekor pun yang layak untuk ditunggangi” (Muttafaqun ‘alaih)
.
walaupun jumlah unta tersebut banyak, namun jika Anda ingin memilih darinya satu unta saja, yang kuat membawa barang bawaan banyak dan kuat ditunggangi untuk menempuh perjalanan yang jauh, pulang-pergi, hampir-hampir Anda tidak mendapatkannya.
.
Tidak semua yang bernyawa itu hidup, juga sebaliknya. lihat pohon-pohon, mereka tidak bernyawa tetapi bertasbih kepada Allah. Bebatuan juga bisa bertasbih. Yang dilangit dan dibumi smua bertasbih tapi gak sedikit manusia yang menjadi bangkai hidup.
.
Ada sebagian yang bisa naik motor, makan dan minum tapi sebenarnya mereka adalah bangkai hidup. Ada yang telah dikubur tapi ternyata dia masih hidup bersama kita yaitu amalan-amalannya mereka.
.
yang akan dibahas adalah:
1. manusia bangkai hidup
2. manusia yang sudah mati dan masih hidup amalannya
keterangan pertama, manusia bangkai hidup, mereka adalah:
.
1. orang-orang kafir.
yang masih percaya kepada patung-patung dll
.
2. orang yang tidak berdzikir, mereka muslim tapi tidak berdzikir. .
Dari Abu Musa , ia berkata: Telah bersabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, ”Permisalan orang yang berdzikir kepada Allah dan yang tidak berdzikir, (ialah) seperti orang yang hidup dan mati.” (HR Bukhari)
.
Mereka seperti bangkai yang hidup. padahal mereka gak hidup. Karena hidup yang sebenarnya adalah hidupnya hati karena Allah.
.
Sesungguhnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.” (Al-Hajj: 46)
.
seseorang yang buta bisa menghafal quran, kita yang bisa melihat ada yang tidak menghafal quran. .
Ibnul Qayyim al-Jauziyyah:
Seberapa jauh dia melakukan dzikir kepada Allah, maka sejauh itu pula kedekatannya dengan Allah, dan seberapa jauh dia lalai melakukan dzikir, maka sejauh itu jarak yang memisahkannya dengan Allah.
3. orang yang meninggalkan amar maruf nahi mungkar. .
Seharusnya  dimana kita diletakkan atau berada, kita bisa mewarnai, bukan diwarnai. .
Hudzaifah bin Al-Yaman berkata;
siapakah bangkai hidup itu? mereka yang tidak tahu yg maruf, hatinya gak hidup. .
Ada suami-suami yang bangkai hidup,  istrinya  dibiarkan kluar tanpa jilbab, cupika cupiki dengan lelaki dibiarkan dll
.
ada ortu yang membiarkan kemungkaran dikeluarganya. anak prempuannya dibawa anak laki-laki dibiarkan, berganti ganti2 terus yang menjemputnya. org tua seperti ini adalah bangkai hidup.
.
Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda, “Barang siapa di antara kamu yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia merubah (mengingkari) dengan tangannya, jika tidak mampu hendaklah ia merubah (mengingkari) dengan lisannya, jika tidak mampu hendaklah ia merubah dengan hatinya, dan itulah keimanan yang paling lemah.”(HR. Muslim no. 49)
.
“tiga orang yang telah Allah Tabaraka wa Ta’ala haramkan atas mereka surga: “Pecandu khamr, seorang yang durhak (kepada orangtuanya), lelaki dayyuts yang membiarkan keburukan (terjadi) ditengah keluarganya.” HR. Ahmad .
hakekatnya yang membiarkan kemungkaran terjadi adalah bangkai hidup.
.
4. orang yang tidak mau menuntut ilmu. tentunya ilmu agama, bukan dunia. karena jika ilmu dunya, orang banyak yang berlomba mengejarnya.
.
iman syafi'i berkata....
Bersabarlah terhadap kerasnya sikap seorang guru.
Sesungguhnya gagalnya mempelajari ilmu karena memusuhinya.
Barangsiapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar,
Ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.
Dan barangsiapa ketinggalan belajar di masa mudanya,
Maka bertakbirlah untuknya empat kali karena kematiannya.
.
orang jika sudah berusia 40th hrs sudah tobattt, sudah banyak blajar... sudah hrs siap2....
5. orang yang durhaka kpd ortu. .
semua ortu mengharapkan anak2 nya hidup pintar dan sukses.  tetapi banyak yang malah pada akhirnya anak2 nya mjd bangkai hidup. .
anak jika sudah 40th biasanya ia sudah mapan, sudah nikah, sudah punya anak tapi mereka lupa dengan ortu mereka. Padahal ridha Allah adalah ridha ortu.
apabila salah satu dari ortumu sudah tua dan sepuh, ktika itu lah ortu lebih perlu kepadamu daripada ktika mereka belum sepuh/tua. .
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata, “Ada seorang laki-laki yang meminta izin kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk berjihad, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya.

أَحَيٌّ وَالِدَاكَ؟ قَالَ: نَعَمْ. “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?’ Dia menjawab, ‘Ya, masih.”
.
Beliau pun bersabda

فَفِيهِمَا فَجَاهِدْ. “Maka pada keduanya, hendaklah engkau berjihad (berbakti).’” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]
.
.
BAGAIMANA agar kita tidak menjadi BANGKAI HIDUP :
.
1. berdoa, minta kpd Allah.
Allah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan menghidupkan yang mati dari yang hidup. .
agar kita mau teruuus menuntut ilmu agar gak jadi bangkai hidup. Kalau kita berdoa, pasti Allah akan menjawab. Allah tidak akan ingkar janji
2. Melaksanakan perintah Allah dan RasulNya.
.
perintah2 Allah  itu sebenarnya untuk menghidupkan kita.
ktika ada perintah, kita amalkan, kerjakan semampunya. .
firman Allah,
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al Baqarah: 286)
.
3. Jangan tertipu dengan angan2 panjang.
Karna orang yang menjadi bangkai hidup adalah orang yang tidak percaya dengan hari akhir. Mereka tidak sadar akan dibangkitkan nanti. .
Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: "Barangsiapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuan utamanya, maka ALLAH akan memberikan kekayaan pada hatinya dan ALLAH akan memudahkan segala urusannya di dunia serta dunia akan mendatanginya dalam keadaan tunduk dan hina.
Dan barangsiapa yang menjadikan dunia menjadi tujuan utamanya, maka ALLAH akan jadikannya kemiskinan/kefakiran terpampang dimatanya, dan ALLAH akan jadikan segala urusannya berantakan, dan ia tidak akan mendapatkan dunia kecuali apa-apa yang sudah dituliskan baginya". .
4. Agar hati hidup, harus belajar, menuntut ilmu. .
Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah selalu membawa Pena Dan tinta (untuk mencatat hadits n faedah ilmiyah, pent) meskipun Beliau telah lanjut usia. Maka Ada seseorang yg bertanya kepadanya: “sampai kapankah engkau berbuat demikian?” Beliau jawab: “Hingga aku masuk ke liang kubur.”. .
Nabi Sallalahu Alaihi wa salam  tidak pernah meminta tambahan kepada Allah kecuali tambahan ilmu..
BAGAIMANA tatkala kita sudah jadi BANGKAI tapi kita masih hidup
.
.
1. beramal shaleh. .
2. melakukan kebaikan.
.
Yang mengikuti mayit ke kuburnya ada tiga, lalu dua kembali dan yang tinggal bersamanya hanya satu; yang mengikutinya adalah keluarganya, hartanya dan amalnya, lalu kembali keluarga dan hartanya, dan yang tinggal hanya amalnya.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu]
.
3. bersedekah.
Jika manusia itu mati, maka akan putus amalannya kecuali dari tiga perkara: [1] sedekah jariyah, [2] ilmu yang diambil manfaatnya, [3] anak sholih yang mendo’akan orang tuanya.”
.
4.ilmu yg dimanfaatkan terus.
usahakan kita mempunyai ilmu yang bisa kita ajarkan.
.
5. mendidik anak yg shaleh.
Jangan jadikan anak seperti bangkai hidup dikeluarga dengan membiarkan anak dibawa dengan yang bukan mahram.

¤¤(*)¤¤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar